pH Kulit Gak Seimbang? Apa Bahayanya?

pH Kulit Gak Seimbang? Apa Bahayanya?

Kamu pasti pernah kan melihat produk skincare dengan klaim yang dapat menyeimbangkan pH kulit?


Memang apa jadinya kalau pH kulit kita tidak seimbang? 


Sebelumnya, kamu harus tau bahwa pH (potential of hydrogen) merupakan skala atau ukuran yang menyatakan keasaman atau kebasaan suatu benda, termasuk kulit. Rentang angka dalam pH mulai dari 0-14 sehingga angka 7 menandakan bahwa suatu zat bersifat netral. Jika dibawah angka 7, maka zat itu bersifat asam dan bila suatu zat menunjukkan angka di atas 7 maka zat itu bersifat basa.

 

Menurut The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, pH yang ideal untuk kulit wajah untuk perempuan adalah 4,5–5,5 dan 4–5,5 untuk laki-laki. Ini menandakan bahwa pH kulit yang yang ideal bersifat asam.


Jika pH kulitmu terlalu basa, biasanya kulitmu akan menjadi kering, sensitif, muncul garis-garis halus, bahkan rentan terkena eksim. Sebaliknya, jika pH kulitmu terlalu asam akan berminyak, muncul jerawat, kulit mengalami inflamasi, bahkan sakit jika disentuh. 


Maka dari itu sangat penting untuk menjaga kadar pH dalam kulit agar tetap seimbang. Kamu bisa menggunakan Balancing Toner atau produk-produk skincare lainnya yang terbukti dapat menyeimbangkan kadar pH.





Older Post Newer Post