Tips layering serum yang wajib kamu ketahui!

Tips layering serum yang wajib kamu ketahui!

Terkadang permasalah kulit kita itu bermacam-macam dan bahkan bisa muncul dua sampai tiga masalah kulit sekaligus. Jika ada satu serum yang bisa menuntaskan segala macam keluhan kulit, pastinya akan sangat membantu ya, A-List! Namun, serum yang beredaran pada zaman sekarang lebih banyak yang memfokuskan satu skincare untuk satu permasalahan kulit. Hal ini tidaklah buruk, justru malah bagus lho! Karena kandungan yang terdapat dalam satu botol serum ini diformulasikan sedemikian rupa khusus untuk membantu kamu menuntaskan salah satu masalah kulit yang mengganggu. 


Nah, bagaimana kalau misalnya punya beberapa permasalahan kulit? Jawabannya adalah serum layering. Serum layering dapat memberikan kamu nutrisi ekstra untuk kulitmu jika dilakukan dengan cara yang tepat. Meskipun begitu, kamu tetap harus berhati-hati karena hal ini bisa menjadi bumerang untuk kesehatan kulitmu. Ada aturan yang harus kamu perhatikan sebelum memutuskan untuk serum layering:

1. Mulailah dari tekstur yang paling cair

Serum dengan tekstur yang lebih cair pastinya akan jauh lebih mudah dan cepat meresap ke dalam kulit atau,

2. Gunakan serum dengan bahan aktif terlebih dahulu

Penyerapan dan efektivitas serum dengan bahan aktif pastinya akan lebih baik apabila diaplikasikan pertama kali setelah penggunaan toner. Pada langkah ini, serum yang paling baik diaplikasikan pertama kali adalah Vitamin C yang kemudian dilayer oleh Hyaluronic Acid.

3. Riset kandungan yang boleh dan tidak boleh digabung

Contohnya Retinol dan Peeling Serum yang mengandung AHA, BHA, dan PHA. Kandungan ini cukup tricky kalau digabungkan dengan banyak macam kandungan sehingga kamu harus mengetahui do’s and dont’s dalam penggunaan serum-serum tersebut.

4. Beri jeda setiap pengaplikasian serum

Biasanya, penyerapan serum memakan waktu sekitar 30-60 detik tergantung konsistensinya. Biarkan serum pertama menyerap terlebih dahulu sebelum kamu lanjut memakai serum kedua agar serum-serum yang kamu pakai bisa bekerja secara optimal. 

5. Jangan memakai terlalu banyak serum

Pastikan kamu menggunakan maksimal dua serum karena terlalu banyak serum dapat membuat kulitmu mengalami stimulasi berlebihan dan dapat berdampak pada iritasi kulit. 


Sebenarnya, serum layering bukanlah sebuah step skincare yang wajib kamu lakukan. Jika kamu ingin memulai serum layering, mulai perlahan saja dengan menggunakan satu bahan aktif dan satu bahan yang menghidrasi kulit. Jangan lupa untuk memperhatikan reaksi kulitmu ya, A-List! 


Older Post Newer Post